SAMBUTAN KETUA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

Ketua Program Studi Sastra Inggris

Djasminar Anwar, BA, Pg.Dipl, MA.

Bismillah hirrahman nirahim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

   Program studi Sastra Inggris di dirikan berdasarkan SK Mendiknas No.136/D/O/2001, tanggal 2 Agustus 2001 oleh pejabat penandatangan Bapak Soemantri Brodjonegoro. Tanggal izin operasional 10 Desember 2003, dan tanggal izin perpanjangan adalah 28 November 2008, dan 09 Januari 2013. Program studi Sastra Inggris telah Terakreditasi oleh BAN-PT sebanyak dua kali. Program studi Sastra Inggris aktif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain: Proses belajar, mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

    Untuk melaksanakan Visi dan Misi program studi dan mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan Seminar International The 1st and The 2nd IICLLTLC telah dilaksanakan dengan baik, dengan mendatangkan para Keynote Speakers dan Plenary Speakers dari Luar Negeri : Prof. Dr. Joo Kyung Park dari Honam University Soul, Korea, Prof. Dr. Shamen Rafiq Galea dari University Putra Malaysia, Dr. Chan Yue Weng dari RELC Singapore, Dr. Willy Renandya dari Nang’ang University, Singapore, Habibullah Akbar, Ph.D dari Utem, Malaysia.

    Disamping itu Program Studi juga telah melaksanakan Seminar National sebanyak 8 kali, dengan mendatangkan para ahli bahasa dan sastrawan antara lain: Prof. Dr. Melani Budianta dari Universitas Indonesia, Yassir Nasanius, Ph.D dari Universitas Katolik Indonesia (Atma Jaya), Dr. Haryatmoko dari Sanarta Dharma Yogyakarta, Dr. Phil. Dewi Candraningrum dari Universitas Muhammadiyah Salatiga, Ujang Suparman, MA, Ph.D, dari UNILA, dan Prof. Dr. Mashadi Soid dari Universitas Azzahra.

    Para dosen pada Program Studi juga aktif menyajikan makalah hasil penelitian baik di tingkat National ataupun International, adapun kegiatan pengabdian masyarakat selalu dilaksanakan. Alhamdulillah jumlah mahasiswa program studi Sastra Inggris semakin meningkat, pada periode 2016-2017 ini, jumlah total mahasiswa yang aktif adalah 2.385. para mahasiswa juga dilibatkan dalam penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat, mengenai lulusan, rata-rata mahasiswa tidak lama menunggu waktu dalam mendapatkan pekerjaan. Beberapa orang lulusan ada yang bekerja di luar negeri.

    Dapat disampaikan bahwa kuliah di Universitas Pamulang biayanya terjangkau oleh masyarakat, tidak mahal, tetapi lulusannya berkualitas dan begitu juga dengan para dosen. Para dosen adalah lulusan Magister baik dari luar negeri dan dalam negeri, dan juga sudah ada yang mendapatkan gelar Doktor (Dr). beberapa orang dosen sedang mengambil program Pascasarjana.

Demikianlah sekilas pandang tentang Program studi Sastra Inggris.

Terima kasih

Wasallamu’alaikum. Wr. Wb.