DEBATELECTION 2020: SELEKSI INTERNAL UNPAM UNTUK NATIONAL UNIVERSITY DEBATING CHAMPIONSHIP (NUDC) 2020

DEBATELECTION 2020: SELEKSI INTERNAL UNPAM UNTUK NATIONAL UNIVERSITY DEBATING CHAMPIONSHIP (NUDC) 2020
January 20, 2020 No Comments Uncategorized admin


Aisyah Al Baroroh, S.S.,M.Pd.
Pembina English Debating and Oratory Society (EDOS) Unpam

Guna mempersiapkan delegasi terbaiknya untuk mengikuti ajang perhelatan debat terbesar di Indonesia “National University Debating Championship” (NUDC), Universitas Pamulang, dengan bantuan klub debat bahasa inggris prodi Sastra Inggris, English Debating and Oratory Society (EDOS) Unpam, telah melaksanakan agenda seleksi internal pada hari Minggu, 19 Januari 2020.
Universitas Pamulang dirasa perlu mempersiapkan delegasinya lebih matang karena telah mengikuti ajang ini sejak awal munculnya kompetisi ini pada saat NUDC masih bernama “National University English Debating Championship” (NUEDC), terakhir di Bandung 10 tahun silam dan lolos hingga babak semifinal, namun, kuota maju ke tingkat nasional di Kopertis IV pada saat itu hanya dua tim teratas saja. Sempat mengalami masa vakum selama delapan tahun membuat Universitas Pamulang mengalami kesulitan untuk kembali bergabung di sirkuit debat yang telah lama ditinggalkan. Adapun, pada tahun 2018, Universitas Pamulang mengirim kembali timnya setelah fase vakum yang cukup lama di wilayah LLDIKTI III (Jabodebek dan Banten). Pada kompetisi ini, Universitas Pamulang mendapat posisi kedua puluh tujuh dari 60 perguruan tinggi yang turut berpartisipasi. Peringkat ini dengan cepat meningkat menjadi peringkat 9 di NUDC 2019 LLDIKTI Wilayah IV (Jawa Barat) dan menjadi salah satu dari 11 tim yang mewakili LLDIKTI Wilayah IV untuk maju ke tingkat nasional. Dari perjalan panjang ini, maka lahirlah Debatelection 2020, Seleksi Internal Unpam dengan skala yang lebih besar dari seleksi tahun sebelumnya.
Dengan mengusung tema “Make A History For Yourselves”, agenda diawali dengan mini seminar “Seminar on Debate” yang diisi oleh ketua EDOS Arif Darmawan Suwardi dan mahasiswi alumni NUDC 2019 lalu, Eka Ferdiana. Acara dilanjutkan dengan eksibisi debat British Parliamentary (BP) oleh para juri dan debater senior Unpam untuk memperlihatkan sistem, tata cara, serta gambaran nyata BP debate stage. Tujuan diagendakannya kedua acara permulaan tersebut adalah untuk memberikan pembekalan pada para peserta yang mungkin belum pernah mengikuti lomba debat dengan sistem yang digunakan di ajang NUDC ini.

Setelah peserta dirasa cukup paham dengan aturan main dengan sistem BP, maka babak penyisihan dimulai. Peserta diberikan mosi yang berbeda di setiap babak dan hanya diberikan waktu 15 menit untuk mempersiapkan diri. Seleksi ini diikuti oleh 21 mahasiswa Unpam dari berbagai prodi dan dilengkapi oleh para tim pengganti (swing participants) di tiga ruangan yang berbeda. Peserta dikelompokan menjadi 12 tim. Di setiap ruangan, terdapat 4 tim berbeda yang berkompetisi. Posisi tim di setiap babak terus diacak dengan menyesesuaikan poin yang dikumpulkan tim selama kompetisi berlangsung.

Acara yang berlangsung sehari penuh ini ditutup dengan pengumuman 8 besar peserta yang maju ke babak final. Penentuan 8 besar diambil dari nilai perseorangan, walaupun lomba berjalan secara berkelompok. Para peserta yang melaju ke babak final yang akan dilaksanakan bertepatan dengan peresmian Panggung Demokrasi di kampus Unpam di Witana Harja adalah sebagai berikut: 1. Hadi Wibowo (S1 Sastra Inggris), 2. Muhammad Pasha Putra Pradana (S1 Sastra Inggris), 3. Andhika Triza Febriono (S1 Akuntansi), 4. Ika Nurbianti (S1 Sastra Inggris), 5. Muhammad Fauzi Fadhil (S1 Sastra Inggris), 6. Juliana Siti Aisyah Suparta (S1 Manajemen), 7. Tasya Shavira Trianda (D3 Sekretaris), dan 8. Dedi Irawan (S1 Teknik Industri).

“Selamat kepada 8 peserta yang lolos ke babak final. Kami berharap di tahun mendatang, peserta yang hadir pada saat seleksi lebih banyak lagi, mengingat dari 31 jumlah pendaftar hanya 21 yang dapat hadir di hari kompetisi. Kami berterima kasih pada seluruh pihak yang telah banyak membantu dan mendukung kami sehingga acara ini dapat terselenggara dengan lancar dan meriah. See you on final!” ujar Arif Darmawan Suwardi, ketua pelaksana, di akhir acara.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *