PKM Prodi Sastra Indonesia; Penyuluhan Dongeng Sebagai Media Literasi Pendidikan Kesehatan Anak di Posyandu Bunga Tanjung 1 Depok

PKM Prodi Sastra Indonesia; Penyuluhan Dongeng Sebagai Media Literasi Pendidikan Kesehatan Anak di Posyandu Bunga Tanjung 1 Depok
October 16, 2020 No Comments Uncategorized admin

Depok– Sebagai upaya melakukan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan tinggi, Program Studi Sastra Indonesia mengadakan Penyuluhan Dongeng Sebagai Media Literasi Pendidikan Kesehatan Anak di Posyandu Tanjung 1 Depok. Kegiatan dalam bentuk pelatihan ini diadakan di Posyandu Tanjung 1, Permata Mansion RW 10, Depok, Jawa Barat, pada hari Senin-Rabu, 12 hingga 14 Oktober 2020. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pelatihan tentang pemanfaatan dongeng sebagai literasi pendidikan kesehatan ini diberikan kepada ibu-ibu dan anak muda yang merupakan warga di wilayah permata mansion. Tidak hanya itu, pelatihan juga diberikan kepada pengurus posyandu Tanjung 1 sebagai upaya untuk memberikan edukasi terkait pentingnya mendongeng sebagai media literasi kesehatan khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sehingga sangat penting untuk memberikan edukasi terkait literasi kesehatan.

Seperti yang disampaikan ketua panitia kegiatan Ratna Juwitasari Emha, S.Hum., M.Hum., bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait pentingnya membudayakan untuk memberikan edukasi literasi pada anak-anak khususnyat literasi kesehatan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus covid-19. Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai bahan kegiatan bagi orang tua untuk terbiasa memberikan pendampingan kepada anak-anak melalui kegiatan mendongeng sehingga anak tidak bermain dengan HP setiap harinya.

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Pamulang khususnya Prodi Sastra Indonesia yang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, diharapkan dapat menjadi modal sebagai peran nyata pengamalan ilmu yang dimiliki guna membantu ibu-ibu maupun pengurus Posyandu Tanjung 1 Depok serta anak-anak muda di lingkungan RW 10 tersebut untuk membudayakan dalam membaca dongeng sehingga mereka dapat memetik ilmu dari adanya cerita yang ada di dalam dongeng. Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini merasa senang karena acara terlaksana dengan baik dan lancar tanpa hambatan dari awal hingga akhir kegiatan. (RJE/TP)

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *