KARSA, Film karya Mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM Tembus 30 Besar FFMI 2020

KARSA, Film karya Mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM Tembus 30 Besar FFMI 2020
December 1, 2020 No Comments Uncategorized admin

Stoik Sinema melalui filmnya berjudul “KARSA”, mewakili Universitas Pamulang dan berhasil menembus 30 besar festival film  berskala nasional tersebut. Arief “Bapong” sang sutradara mengemas film tersebut dengan cerita yang apik, juga dengan penuh optimisme di tengah gejolak keadaan masyarakat yang sedang tidak baik-baik saja karena pandemi.

Film “KARSA” mengisahkan perjuangan Bu Nur, seorang guru, dalam menghadapi permasalahan pembelajaran di masa kegiatan belajar mengajar secara daring. Salah satunya keterbatasan masyarakat untuk memiliki fasilitas dalam pembelajaran tersebut. Dengan semangat yang penuh optimis, ditemani Anggun, anaknya, Bu Nur mengunjungi satu per satu siswanya yang tidak dapat mengikuti pelajaran secara online.

“Film Karsa ini bisa menjadi titik balik, yang mungkin khususnya untuk teman-teman Stoik Sinema, dan yang lebih luasnya masyarakat untuk lebih optimis dalam berkarya di tengah masa yang memang sedang tidak baik. Film Karsa adalah bukti hasil dari optimisme tersebut, optimisme kami sebagai tim, juga optimisme dari masyarakat. Karena memang film Karsa ini hasil kerja sama dari Stoik Sinema dengan beberapa elemen masyarakat di dalamnya.” Ujar Khardi Ansyah selaku produser film.

Arif Bapong beserta Kru

Arief “Bapong” selaku sutradara menambahkan sedikit harapannya untuk eksistensi film pendek terhadap mahasiswa “Mudah-mudahan, dengan melajunya kami (Stoik Sinema) di 30 besar nominasi FFMI tahun ini, bisa membuat film pendek atau sejenisnya semakin diminati kawan-kawan mahasiswa dari Unpam khususnya. Dan bisa menambah semangat teman-teman lain untuk membuat hal serupa seperti ini.”

film tersebut diproduksi dan bintangi oleh Stoik Sinema yang sebagian besar mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang. Bu Nur diperankan oleh Ridha Wahyu Diani mahasiswa Satra Indonesia Pamulang, penulis dan aktivis teater di Ciseeng. Anggun Diperankan oleh Anggun Mutiara Prastiwi, dan Abdul Aziz sebagai bapak. “Senang bisa terlibat dalam produksi film Karsa ini, dan banyak mendapat pengalaman berkerja sama dengan masyarakat langsung. Harapan saya semoga film ini memberi efek positif kepada siapa aja yang nonton, dan semoga teman-teman stoik makin semangat berkaryanya.” Ujar Ridha selaku tokoh utama dalam film “Karsa”.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *