SAMBUTAN DEKAN

Dekan Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
Dr. Mohamad Ramdon Dasuki, Lc., M.A.

Assalamualaikum wr.wb.

Salam sejahtera kami sampaikan untuk kita semua.

Pada kesempatan ini, saya Dekan Fakultas Sastra Universitas Pamulang ingin menyampaikan beberapa hal kaitannya dengan web fakultas sastra UNPAM ini;

Pertama, sesuai dengan landasan dari visi misi UNPAM dalam menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau oleh semua kalangan, serta didasari oleh nilai-nilai religius dan humanis, fakultas sastra memiliki peran yang strategis. Bahasa dan sastra ini sendiri sebagai sarana bicara manusia baik secara verbal maupun secara tulis, dalam perkembangannya mengalami perkembangan yang pesat , tak terkecual mereka yang berasal dari kalangan atas, menengah, dan bawah. Sementara masyarakat umum yang kurang terjangkau untuk masuk di jenjang kuliah, menjadi terbuka peluang semenjak UNPAM hadir di tengah masyarakat kita.

Kedua, secara visi fakultas sastra mengusung tentang keunggulan dan daya saing pada tahun 2024 dalam mengembangkan bidang pendidikan dan penelitian berlandaskan religius dan humanis, diterjemahkan kedalam misi fakultas; disamping terjangkau penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengembangan di bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris-Indonesia, juga menyelenggarakan kerjasama lembaga di dalam maupun luar negeri yang saling menguntungkan.

Hal ini sudah dirintis oleh pihak fakultas seperti kunjungan ke kantor bahasa (kantor pusat data) dan kantor bahasa Banten beberapa waktu lalu, dan pengembangan kesusastraan yang selama ini telah berjalan cukup lama lewat penampilan teater para mahasiswa fakultas sastra. Prodi sastra Inggris cukup lama memperagakan sastra dan seni teater lewat ‘Drama Performance’, sebagaimana Prodi sastra Indonesia yang juga setiap semesternya menampilkan pagelaran sastra dan seni teaternya di Ampi Teater milik pemda Tangerang Selatan.

Sebagaimana juga implementasi dari misi tersebut di atas secara akademis, dari usaha pengembangan ilmu bahasa Inggris dan Indonesia, dalam perkuliahannya mengajarkan berbagai macam ilmu bahasa Inggris dan Indonesia. Bahkan dalam uji kompetensi yang diwajibkan oleh Universitas sebagai syarat kelulusan dan syarat sebelum mengikuti ujian skripsi, lebih jelas arah dari pengembangan fakultas sastranya. Seperti sastra Indonesia setiap mahasiswanya harus lulus kompetensinya di bidang ; Penulisan naskah televis, dapat dijadikan sarana bagi para mahasiswanya dalam menekuni bidang ilmu bahasa dan kesusastraan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu saya ingin mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di fakultas sastra

Terimakasih. Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Dr. Mohamad Ramdon Dasuki, Lc., M.A.